Managed Service Provider (MSP): Definisi dan Fitur Utama Untuk Meningkatkan Bisnis Anda!
Managed Service Provider (MSP), istilah ini sudah tidak asing lagi bagi perusahaan yang bergerak di bidang IT atau orang-orang IT itu sendiri. MSP ini berkembang pada tahun 1990-an, awal mula konsep ini muncul ketika perusahaan-perusahaan mulai mencari solusi yang lebih baik untuk mengelola infrastruktur IT.
Hingga pada tahun 2000-an awal, istilah ini semakin berkembang dan semakin dikenal di kalangan perusahaan-perusahaan. Konsep ini berkembang bersamaan dengan berkembangnya teknologi di dunia yang menjadikan semuanya diakses secara mudah dan cepat.
Apa itu Managed Service Provider?
Managed Service Provider atau biasa yang disingkat MSP adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pengelolaan dan pemantauan sistem IT secara berkelanjutan kepada bisnis lain. Adapun yang dapat dikelola dan dilakukan pemantauan adalah infrastruktur teknologi informasi (IT) seperti server, jaringan, penyimpanan, dan aplikasi perusahaan secara jarak jauh.
Pemantauan dan pemeliharaan IT ini dilakukan secara terus menerus setiap harinya oleh MSP tersebut. Kapanpun dan dimanapun MSP ini akan siap selama 24 jam untuk mengatasi keluhan klien. Tujuan utama dari MSP ini adalah memberikan solusi IT yang efisien sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. MSP juga memungkinkan klien untuk dapat membangun ekosistem teknologi yang baik melalui intregrasi sistem terpadu sehingga mendorong pertumbuhan bisnis.
Sumber gambar: spiceworks
Apa saja fitur yang disediakan Managed Service Provider?
Managed Service Provider (MSP) ini menyediakan berbagai fitur dan layanan yang dirancang untuk mendukung infrastruktur IT dari klien. Berikut adalah beberapa fitur utama yang disediakan oleh MSP ini:
- Pemantauan dan Management Jarak Jauh: MSP menggunakan alat pemantauan alat jarak jauh untuk mengawasi jaringan, server dan perangkat lunak klien. Ini dapat dilakukan untuk mendeteksi dan menyelesaikan masalah sebelum berdampak pada bisnis klien.
- Keamanan Siber: MSP ini juga menawarkan layanan keamanan siber yang mencakup perlindungan anti virus, firewall, deteksi intrusi, enkripsi data dan manajemen identitas.
- Manajemen Cloud: MSP membantu dalam migrasi, konfigurasi dan manajemen lingkungan komputasi cloud. Ini juga termasuk layanan seperti penyimpanan data di cloud hosting server virtual dan pengelolaan aplikasi SaaS (Software as a Service).
- Layanan Konsultasi dan Strategi IT: MSP menyediakan konsultasi strategis untuk membantu klien dalam merencanakan dan mengimplementasikan teknologi yang sesuai dengan tujuan bisnis klien.
- Peningkatan dan Skalabilitas Infrastruktur: MSP juga membantu klien dalam merencanakan dan menerapkan peningkatan atau perluasan infrastruktur IT untuk mendukung pertumbuhan bisnis klien.
Kenapa kita harus memakai MSP?
MSP ini dapat memfokuskan diri pada pemgembangan usaha tanpa direpotkan dengan kendala pada sistem infrastruktur IT. Hal itu karena kebutuhan sumber daya dan infrastruktur IT dapat diserahkan kepada tenaga kompeten dan bersertifikasi.
Tidak hanya itu saja untuk membangun sistem dan infrastruktur IT tentu perusahaan harus menghabiskan biaya yang cukup besar ditambah dengan tingkat kesalahan besar dalam mengelola sumber daya IT yang dapat memicu sejumlah masalah sehingga dapat membebani operasional dan kelangsungan bisnis.
Untuk mengatasi situasi tersebut, MSP dapat menjadi solusi yang efektif dalam memenuhi kebutuhan IT tersebut tanpa perlu menambah sumber daya baru. Selain itu MSP juga dapat menjembatani kesenjangan terkait sistem kuno yang dipakai oleh perusahaan. MSP dapat melatih skill karyawan agar tidak ada kesenjangan antar karyawan.
Intregrasi sistem melalui Managed Service Provider menjadi fokus utama Wireka Teknologi dalam mendukung pertumbuhan bisnis klien. Melalui WIMaS ( Wireka Internet Managed Service), Anda bisa fokus pada bisnis tanpa mengkhawatirkan permasalahan IT.